Sambut Hari Santri Tahun 2022, DPD LDII Kotabaru Gelar Acara Festival Caberawit Se Daerah Kotabaru

 Tegalrejo, ( 09/10/2022), Sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Untuk memperingati hari Santri pada tahun 2022, DPD LDII Kabupaten Kotabaru mengadakan acara Festival Caberawit Se Kotabaru yang dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober tahun 2022. Acara yang dilaksanakan di halaman Masjid Syirothol Mustaqim desa Tegalrejo ini dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah setempat, seperti Kepala Desa Tegalrejo, H.M. Bisri, Ketua BPD Desa Tegalrejo, Tri Widodo dan juga turut hadir Babinkamtibmas dan Babinsa desa Tegalrejo serta Ketua DPD LDII Kotabaru dan pengurus harian DPD LDII Kabupaten Kotabaru . Acara ini mengambil tema "Mewujudkan Tri Sukses Pembinaan Generasi Penerus ( Alim -Faqih, Berakhlakul Karimah dan Mandiri )" dengan rangkaian acara seperti, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Tausiah Agama, Penampilan Seni Bela Diri Pencaksilat dari Persinas ASAD, Penampilan yel - yel santri,dll.

Ketua DPD LDII Kabupaten Kotabaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa LDII melalui kegiatan ini turut mempersiapkan generasi muda bersinergi dengan kebijakan pemerintah untuk membentuk pemuda yang berkualitas di mulai sejak usia dini. Dengan berbagai macam kegiatan yang telah disusun melalui program pembentukan generasi penerus yang Alim-Faqi, Akhlakul Karimah dan Mandiri disetiap Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di TPA - TPA binaan LDII, maka diharapkan para santri yang merupakan generasi penerus bangsa ini mempunyai peran besar dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Kholil Qoumas dalam sambutannya untuk Hari Santri tahun 2022, yang menyampaikan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam - macam, bahkan dapat menjadi pemimipin negara. Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai - nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi - inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan ( dikutip dari naskah sambutan menteri agama untuk upacara hari Santri tahun 2022 ).

Sementara itu, Kepala Desa Tegalrejo,H.M. Bisri dalam sambutannya menyampaikan bahwa  pendidikan anak sejak dini merupakan hal penting harus menjadi perhatian semua elemen bangsa ini. beliau menilai bahwa peran orang tua dalam mendik anak supaya tidak bosan - bosan  dalam mengarahkan dan memberi contoh kepada anak - anak dengan suritauladan mulai dari penerapan nilai - nilai agama juga dalam hal perilaku. Orang tua menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter anak agar menjadi anak yang berguna bagi masyarakat, bangsa negara dan agama.

Ketua BPD Desa Tegalrejo, Tri Widodo yang turut hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa LDII sudah sangat beliau kenal dari beberapa kontribusi yang diberikan untuk desa Tegalrejo baik dalam hal kegiatan kemasyarakatan ataupun pembangunan sumber daya manusianya, beliau berharap LDII terus dapat memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara ini.

Peringatan Hari Santri yang dilaksanakan oleh DPD LDII pada tahun 2022 ini  melalui kegiatan Festival Caberawit se Daerah Kotabaru menampilkan beberapa acara, seperti pembacaan ayat suci Al-Qur'an, Tausiah agama, demo yel - yel santri , penampilan seni bela diri pencaksilat dari Persinas ASAD, bazar,dan lain - lain. Kemeriahan acara dalamm rangka Hari Santri tahun 2022 ini memang dilaksankan lebih cepat yaitu pada tanggal 09 Oktober 2022 karena padat nya program kerja DPD LDII Kotabaru.

Semoga Santri - Santri Indonesia dapat membangun bangsa melalui karakter Alim-Faqih, Akhlakuk Karimah dan Mandiri sesuai tema hari santri tahun 2022, yaitu " Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".








Posting Komentar

0 Komentar