Senin, 19 September 2022

Program Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia

 Lampiran Keputusan Munas IX LDII Tahun 2021

Nomor        : Kep-7/Munas IX/IV/2021

Tanggal      : 08 April 2021.

Tentang      : Program Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia Tahun 2021 - 2026


A. Pendahuluan.

Bahwa upaya pengembangan bidang agama, kualitas beragama dan kualitas manusia Indonesia seutuhnya menghadapi tantangan yang lebih berat. Hal ini karena di era yang sekarang yang dikenal dengan era globalisasi telah terjadi transformasi yang mendasar dalam kehidupan manusia dan hubungan antar manusia. Era ini ditandai oleh fenomena kehidupan, mudahnya melakukan komunikasi dan mengkases informasi yang telah mendorong masuknya teknologi serta kemudahan lainnya. Era ini disamping membuka berbagai peluang, juga sangat potensial menimbulkan berbagai permasalahan atau dampak negatif terhadap kualitas manusia terutama kualitas akhlaknya.

Di sisi yang lain , dunia sedang menuju krisis pangan, air, energi, dan eksplorasi logam tanah jarang ( LTJ ). Kemandirian pada sumber daya tersebut menjadi sangat penting. Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( DPP LDII ) berkeyakinan bahwa kemandirian bangsa sangat penting, untuk mengelola sumber daya, kemandirian bangsa melalui bergabai bidang pengabdian menjadi penting agar Indonesia memiliki daya tawar tinggi dalam geo-politik dan geo-ekonimi.

Munas IX LDII mempunyai kewenangan untuk melakukan evaluasi, menjabarkan dan memberikan petunjuk operasional bagi prioritas program secara horisontal maupun secara vertikal terhadap DPW DPD sampai dengan tingkat terdepan instrumen organisasi sehingga organisasi mampu merespon secara cepat perubahan situasi kondisi lingkungan strategis maka disusunlah program umum dalam bentuk rencana strategis agar tetap sesuai dengan maksud dan tujuan LDII.

B. Rencana Strategis Delapan Bidang Pengabdian LDII

Lembaga Dakwah Islam Indonesia berkeyakinan bahwa kemandirian bangsa sangatlah penting untuk mengelola sumber daya, agar sumber daya yang dimiliki Bangsa Indonesia mampu mensejahterakan rakyatnya dan Indonesia memiliki daya tawar tinggi dalam geopolitik dan geoekonomi.

Untuk itu. LDII teleh merumuskan Delapan Bidang Pengabdian LDII yang diharapkan dapat menjadi jawaban agar bangsa Indonesia bisa memanfaatkan dan mengelola sumber dayanya agar menjadi bangsa yang maju.

Adapun Delapan Bidang Pengabdian itu meliputi :

1. Wawasan Kebangsaan.

2. Keagamaan.

3. Ekonomi.

4. Pendidikan.

5. Pangan dan Lingkungan Hidup.

6. Kesehatan Alami.

7. Teknologi Digital.

8. Energi Baru Terbarukan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Gunung Ulin Dikunjungi Ketua PAC LDII Desa Gunung Ulin

Ketua PAC LDII Desa Gunung Ulin, Sugino,SE. pada tanggal 29 September 2022 berkunjung ke kediaman Bhabinkamtibmas desa Gunung Ulin dalam ran...